Desa Abianbase

Friday, February 12, 2010
Abianbase adalah desa di kecamatan Mengwi, Badung, Bali, Indonesia. Abianbase dulu merupakan salah satu desa yang sepi, semenjak dibangunnya jalan raya Abianbase yang menghubungkan antara jalan Raya Kapal dengan Dalung maka desa ini semakin berkembang dengan pesat. Desa Abianbase ini berada sangat dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Badung yang berada di Sempidi. Pada pertigaan jalan Raya Abianbase dan jalan Raya Kapal terdapat sebuah rumah sakit Kapal yang telah menjadi Rumah Sakit Kabupaten Badung. Pada saat ini karena pertumbuhan pembangunan yang sangat cepat di daerah Abianbase menyebabkan banyak areal persawahan di wilayah ini telah berubah menjadi area pertokoan, perumahan, dan pasar. Bertambahnya perumahan dan pertokoan ini sebagai akibat banyaknya pendatang yang bermukim di Abianbase. Kalau dikatakan sebagai desa sebenarnya ini tidaklah salah karena Abianbase adalah desa yang menjadi wilayah perkotaan di Kabupaten Badung. Hal ini terjadi semenjak pusat pemerintahan Kabupaten Badung dipindahkan ke Sempidi.

Fasilitas di Abianbase yang tersedia bagi masyarakat adalah pasar Abianbase yang merupakan pasar swasta di sini, laundry, pom bensin, beberapa rumah makan, counter hp, tempat peribadatan seperti Pura dan Gereja, salon, dan toko - toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan yang terletak di sepanjang Jalan Raya Abianbase. Di Abianbase ini juga terdapat sekolah Bina Insan Mandiri Sejahtera dan Taman Kanak - Kanak Harapan, juga terdapat beberapa sekolah dasar negeri. Beberapa fasilitas olahraga yang ada di lingkungan Abianbase adalah lapangan sepakbola dan lapangan bola voli yang juga dapat digunakan untuk olahraga jogging. Lapangan bulutangkis terdapat di halaman - halaman rumah penduduk.

Saat ini karena semakin banyak tanah persawahan di desa Abianbase yang digunakan untuk pembangunan perumahan dan pertokoan, maka harga tanah semakin mahal di desa ini. Untuk 1 are di pinggir jalan harga tanah saat ini mencapai 150 -250 juta tergantung lokasi di mana tanah itu berada. Harga yang begitu tinggi ini disebabkan oleh karena lokasi Abianbase yang dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Badung dan tidak adanya keinginan dari masyarakat Abianbase untuk menjual tanah mereka karena bagi mereka tanah adalah suatu aset yang bernilai tinggi dan harganya selalu naik.

Banjar - Banjar di Desa Abianbase

Di Abianbase ini terdapat beberapa banjar, banjar itu antara lain :
Banjar Gede
Banjar Semate
Banjar Gaduh
Banjar Dangin Yeh

Gereja Kristen Protestan di Bali Jemaat Galang Ning Hyang

Gereja Kristen Protestan di Bali Galang Ning Hyang adalah gereja yang terletak di Abianbase dan didirikan pada tanggal 1 Desember 1943. Jemaat ini memiliki 150 kepala keluarga. Persekutuan jemaat di gereja ini dibagi dalam beberapa kelompok/wilayah antara lain :
Wilayah Semate/Gaduh
Wilayah Dalang
Wilayah Delod Rurung
Wilayah Dajan Rurung
Wilayah Dauh Jalan
Jemaat dari GKPB Galang Ning Hyang sebagian besar memiliki profesi wiraswasta, pegawai negeri, dan petani.

Bank Yang Terdapat di Abianbase :

Bank Perkreditan Rakyat Sapta Christy
Bank Sinar Cabang Kas Pembantu Abianbase
Bank Perkreditan Rakyat Mayun

Tempat Makan :

Di Abianbase pada malam hari terdapat beberapa pedagang yang menjajakan makanannya seperti
pecel lele, sate ayam, nasi goreng, sate dan gule kambing. Tempat makan tersebut sangat mudah dijumpai di sepanjang jalan raya Abianbase
Babi guling dan lawar dapat dijumpai di Abianbase. Babi guling dan lawar ini terdapat di dua tempat yaitu di dekat pasar Abianbase dan pom bensin Abianbse.

Apotik di Abianbase meliputi :

Apotik Mitra Farma
Apotik Abianbase

No comments:

Post a Comment