Parafimosis

Thursday, April 15, 2010
Parafimosis adalah suatu keadaan di mana prepusium penis  yang diretraksi sampai pada batas sulkus koronarius/di belakang sulkus koronarius tidak  dapat dikembalikan pada keadaan semula sehingga menimbulkan jeratan penis di belakang sulkus koronarius.

Menarik / retraksi preputium ini ke bagian proksimal biasanya dilakukan  pada saat bersenggama atau masturbasi atau dapat juga sehabis pemasangan kateter. Jika preputium tidak dapat dikembalikan dengan cepat  ke tempatnya maka dapat menimbulkan gangguan aliran balik vena superfisial sedangkan aliran  arteri tetap berjalan normal. Akibat hal ini maka akan terjadi edema gland penis dan dirasakan nyeri. Apabila dibiarkan maka bagian penis di sebelah distal jeratan makin membengkak  sehingga bisa menimbulkan nekrosis/kematian jaringan penis apabila dibiarkan .

Tindakan 


Diusahakan supaya prepusium dikembalikan secara manual melalui tehnik memijat glans selama 3 - 5 menit diharapkan edema berkurang dan secara perlahan - lahan prepusium  dikembalikan pada tempatnya. Bila usaha ini tidak sukses, dapat dilakukan dorsum insisi pada  jeratan sehingga prepusium dapat dikembalikan pada posisi normalnya. Setelah  edema  dan proses inflamasi  menghilang pasien sebaiknya menjalani proses sirkumsisi.

No comments:

Post a Comment